Peringati Hari Statistik, Donny Imam Priambodo: Upaya Membangun Nalar Bangsa Yang Argumentatif Dan Ilmiah

Jakarta – Momen penting yang diperingati pada hari Rabu pada tanggal 26 September 2018 ialah hari Statistik. Pada tanggal 26 September 1960. Pemerintah RI memberlakukan UU N0. 7 Tahun 1960 Tentang Statistik.

UU tersebut mengatur secara rinci penyelenggaraan Statistik dan Organisasi BPS. Pada Agustus 1996, Presiden RI kala itu, Soeharto menetapkan tanggal di undangkannya UU No 7 Tahun 1990 tentang Statistik tersebut sebagai hari statistik yang dilaksanakan secara Nasional.

Menyambut hari Statistik tersebut, Donny Imam Priambodo mengatakan bahwa Hari Statistik sebagai momentum penting kesadaran akan data dalam pembangunan bangsa.

” Statistik itu penting dalam mengungkapkan fakta menjadi data, yang nanti nya data itu dapat di jadikan alat evaluasi dan argumentasi. Sehingga semuanya pertanyaan kita berbasis data dan dapat di pertanggung jawabankan.”
Kata Donny Imam Priambodo saat diminta komentarnya di kawasan Jakarta Selatan, Rabu 25/09/18.

Penyajian data dalam setiap kesempatan menjadi penting untuk meminimalisir berbagai upaya spekulatif yang lebih cenderung ke arah hoax yang tidak dapat di pertanggung jawabkan.

Caleg Dapil Jateng III dengan nomor urut 9 ini menyatakan lebih lanjut bahwa hari statistik harus diperingati secara patut dan pantas.

” Hari statistik harus diperingati secara patut dan pantas untuk upaya membangun nalar bangsa yang argumentatif dan ilmiah sehingga bangsa ini dibangun berdasarkan keilmuan yang dapat di pertanggung jawabkan” jelasnya. (**)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *