Hari Batik Nasional, Donny Imam Priambodo: Batik sebagai Kekhasan dan Warisan

Jakarta – Seperti yang jamak diketahui bahwa hari ini, saban kali tanggal 2 Oktober, Indonesia memperingati Hari Batik Nasional. Batik dianggap sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan non-bendawi (Masterpieces of the oral and Intangible Heritage of Humanity).

Caleg DPR RI Dapil Jateng III No Urut 9 Donny Imam Priambodo mengatakan, Hari Batik Nasional yang kita peringati,  seharusnya dijadikan momentum untuk memperkenalkan makna nilai dari batik sebagai warisan budaya sekaligus kekhasan yang dimiliki bangsa Indonesia.

“Hari Batik sebagai hari untuk memperingati warisan bangsa yang diakui oleh dunia internasional, ini tentunya menjadi kebanggaan. Batik yang kita pakai ternyata memiliki nilai sejarah yang terwariskan, memiliki kekhasan, serta mengandung manfaat dari aspek ekonomi. Karena banyak warga negara Indonesia yang menjadi pengusaha batik di dalam, maupun di luar negeri,” terang Donny saat diwawancarai di daerah Jakarta Selatan, Selasa (2/10/2018).

Tentu baik menjadi keuntungan tersendiri untuk para pengusaha, dan juga berdampak baik untuk mem-branding warisan yang kita punya kepada masyarakat dunia. Sehingga batik memiliki daya tarik di dalam konteks nasional, maupun manca negara.

“Kita harus bangga memakai batik yang kita miliki, karena sarat akan nilai serta tunjukan kepada masyarakat dunia bahwa orang Indonesia yang menggunakan batik memiliki kualitas berpikir cemerlang dan prestasi yang gemilang,” ucap Donny.

Adapun penetapan tanggal 2 Oktober sebagai Hari Batik berdasar pada keputusan UNESCO, yang pada tahun 2009 lalu salah satu badan dari PBB yang membidangi persoalan pendidikan, ilmu pengetahuan, dan kebudayaan ini menetapkan, Hari Batik Nasional diperingati tiap tanggal 2 Oktober.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *