Donny Imam Priambodo Apresiasi Pidato Surya Paloh

Jakarta – Anggota DPR RI Komisi XI dari Fraksi Partai Nasdem Donny Imam Priambodo mengaku sangat terkesan dengan pidato yang disampaikan oleh Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh pada waktu HUT RI yang ke-73 lalu. Surya Paloh menilai, perayaan HUT ini merupakan tanda bahwa Indonesia mampu menjaga kedaulatannya sebagai suatu bangsa yang merdeka hingga mencapai usia saat ini. Walaupun masih banyak tantangan yang masih harus kita hadapi.

Donny menganggap, memang inilah yang seharusnya kita refleksikan. Tidak hanya pada HUT dirayakan, tetapi sebagai bangsa Indonesia, sejatinya renungan ini haruslah hadir dalam keseharian kita. Sebab dengan itu, orientasi kita ke depan adalah dengan berpijak pada pemikiran bahwa kita adalah satu bangsa, yaitu bangsa Indonesia yang merdeka.

Selain itu, Donny juga mengapresiasi isi pidato Surya Paloh yang mengajak kita semua untuk sama-sama menjaga nilai-nilai keberagaman atau yang sering diiistilahkan dengan pluralisme. Donny menegaskan, sikap pluralistik mengajarkan kita bahwa kita ini duduk sama rendah, dan berdiri sama tinggi. Hanya dengan perasaan semacam inilah kita dapat menyongsong masa depan negeri ini yang lebih baik lagi.

“Di dalam negara yang penuh dengan keaneka ragaman budaya seperti Indonesia, susah sekali rasanya jika kita tidak memahami nilai-nilai pluralisme. Bangsa ini akan selamanya bertengkar jika tidak terbiasa mencari suatu hal yang menyatukan, bukan justru membedakan dan mengkotak-kotakkan. Hal yang perlu diingat adalah, kesejahteraan itu mustahil dicapai oleh satu golongan. Jadi harus dicapai dengan upaya bersama,” tutur Donny kepada wartawan, Jakarta Selatan, Sabtu (24/11/2018).

Menurutnya, semangat seperti inilah yang seharusnya kita sosialisasikan kepada seluruh masyarakat Indonesia supaya mereka lebih bisa menerima segala bentuk perbedaan yang ada di tengah-tengah mereka. Hanya dengan sikap menerima perbedaan seperti inilah kita akan hidup lebih rukun, damai serta dapat membangun Indonesia lebih baik lagi. Karena sejatinya Indonesia adalah milik kita semua.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *