Pesan Donny Imam Priambodo Di Hari Pahlawan Nasional

Jakarta – Sudah banyak diketahui bahwa tiap tanggal 10 November kita bangsa Indonesia mengingatnya sebagai Hari Pahlawan Nasional. Peringatan yang dilaksanakan setiap tahun ini, adalah bentuk kesadaran kita akan pentingnya mengingat sejarah. Hal ini diutarakan oleh Donny Imam Priambodo yang saat ini tengah menjadi Caleg DPR RI Dapil Jateng III No Urut 9. Dia menegaskan, peringatan ini jangan sampai hanya jadi perayaan yang kering dengan makna. Sehingga terkesan hanya bersifat ceremonial belaka.

Peringatan Hari Pahlawan Nasional yang akar sejarahnya adalah pertempuran Surabaya yang terjadi pada tahun 1945 ini, lanjut Donny, adalah bentuk pengamalan kita sebagai masyarakat Indonesia terhadap apa yang telah dipesankan oleh founding father republik ini. Yaitu, Bung Karno. Seperti yang dituturkan oleh Donny, Bung Karno telah mewanti-wanti kita agar jangan sekali-kali melupakan sejarah (Jas Merah).

“Ada ungkapan bahwa bangsa yang hebat adalah bangsa yang tak lupa akan jasa para pahlawannya. Kalau kata Bung Karno, Jas Merah. Artinya, jangan pernah sekali pun kita melupakan sejarah. Sebab kita yang sekarang, dibentuk oleh arus sejarah panjang dan berliku,” ucap Donny saat dimintai komentar soal Hari Pahlawan Nasional, Sabtu (10/11/2018).

Dia juga menerangkan, mengenang jasa pahlawan juga merupakan bentuk terimakasih kita terhadap segala bentuk pengorbanan yang telah dilakukan oleh mereka. Materi, raga, jiwa, waktu, keluarga, bahkan nyawa telah mereka korbankan demi kemerdekaan kita, segenap bangsa Indonesia.

Peringatan ini sangat penting agar kesibukan dalam kehidupan kita tidak membuat kita lupa akan sejarah serta jasa para pahlawan yang berjuang demi NKRI. Karenanya, melaui Keppres No.316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember, setiap tanggal 10 November ditetapkan sebagai Hari Pahlawan Nasional.

“Marilah kita bersama-sama memperingati perayaan ini dengan kembali mengingat sejarah. Mengenang kembali apa yang telah dilakukan oleh pahlawan-pahlawan bangsa yang berjuang sekuat tenaga. Juga untuk mengingat bahwa perjuangan masih belum tuntas. Mari kita bersama-sama renungkan, apa yang seharusnya kita lakukan untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan kita di masa sekarang,” tegas Donny. [YU]

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *