Donny Imam Priambodo Mengajak Generasi Muda Memaknai Perjuangan di Hari Darma Samudra

Jakarta – Setiap tanggal 15 Januari diperingati sebagai Hari Darma Samudra. Peringatan ini dimulai sejak tahun 1962 untuk mengenang peristiwa Heroik di Laut Aru. Peristiwa ini merupakan pertempuran yang melibatkan tiga kapal cepat torpedo TNI Angkatan Laut, yaitu kapal perang RI Macan Tutul, kapal perang RI Harimau dan kapal perang RI Macan Kumbang. Tiga kapal perang tersebut melawan serangan dua kapal perang Belanda.

Laksamana Madya TNI (Ant.) Yosaphat Soedarso, atau yang dikenal sebagai Komodor Yos Sudarso, gugur bersama awak kapal perang RI Macan Tutul. Peristiwa ini terjadi setelah Presiden Soekarno menyerukan Tri Komando Rakyat (Trikora) pada 19 Desember 1961.

Donny Imam Priambodo pada peringatan Hari Darma Samudra mengajak kepada masyarakat Indonesia khususnya generasi muda untuk selalu mengingat dan memaknai sejarah bangsanya. Karena dari sejarah, generasi muda akan banyak menemukan hikmah masa lalu untuk bekal masa depan.

“Pentingnya generasi muda untuk membaca tata buku masa lalu sebagai bekal hidup di masa depan. Seperti yang pernah Soekarno katakan Jasmerah (Jangan sekali-kali lupakan sejarah). Dengan mengingat sejarah, banyak kebijakan masa lalu yang dapat kita amalkan di masa kini dan masa yang akan datang ” kata Donny Imam Priambodo Caleg DPR RI Dapil Jateng III No urut 9 dari partai Nasdem saat dimintai wawancara di kawasan Senayan. (15/01/2019)

Peristiwa heroik yang yang terjadi pada tanggal 15 Januari banyak menyisakan cerita-cerita yang kaya akan hikmah, kaya akan nilai juang dan kaya akan pengabdian.

“Pada peristiwa itu tidak sedikit para pejuang kita yang meninggal demi mempertahankan keutuhan dan kehidupan bangsanya. Perjuangan yang menghasilkan kehidupan dan kebermanfaatan untuk generasi selanjutnya. Inilah yang disebut dengan nilai sejarah yang harus di petik hikmahnya oleh generasi muda , generasi penerus bangsa.” Pungkasnya.(HS)