Komisi XI DPR RI Upayakan Akses Modal Kewirausahaan, Pacu Pertumbuhan UMKM.

REMBANG, priambodo.id – Anggota Komisi XI DPR RI Donny Imam Priambodo berjanji akan mengupayakan akses modal bagi dunia kewirausahaan di Kabupaten Rembang. Hal itu disampaikan Donny, usai menjadi narasumber dalam sarasehan bertajuk “Menyelaraskan Kedaulatan Desa Melalui Kedaulatan Ekonomi Berbasis Enterpreneurship dan Sektor Riil” di Gedung PKPRI Rembang, Minggu (3/2).

Selain masalah akses modal bagi dunia usaha, Donny juga menekankan pentingnya pelatihan kewirausahaan yang berkelanjutan. Pasalnya, pelatihan kewirausahaan menjadi bekal pengetahuan bagi yang baru memulai usaha.

“Di Rembang, kami perhatikan soal kewirausahaan. Kita akan usahakan, semuanya dapat pelatihan-pelatihan kewirausahaan termasuk akses modal baik dari pemerintah maupun swasta,” ujar Donny yang membidangi masalah keuangan dan perbankan.

Salah satu program dari pemerintah yang dapat diakses warga, antara lain kredit usaha rakyat (KUR). Tahun ini, Donny akan mengupayakan warga Rembang agar dapat mengakses KUR lebih mudah, terutama individu maupun kelompok usaha yang produktif tetapi belum memiliki agunan tambahan.

Menurut Donny, Kabupaten Rembang memiliki potensi yang besar dalam mengembangkan dunia usaha, baik dari potensi perikanan, pertanian maupun potensi pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Bahkan, Donny tidak segan untuk mengajukan kerja sama dengan internasional untuk memacu pertumbuhan usaha di Kabupaten Rembang.

Sementara dari aspek kewirausahaan bagi kalangan milenial atau anak muda, Donny sudah merencanakan fasilitas internet masuk desa di sejumlah wilayah di Rembang. Internet tersebut berfungsi sebagai fasilitator bagi market usaha yang dapat diakses di seluruh Indonesia maupun dunia.

“Kita juga pacu munculnya wirausahawan dari kalangan milenial. Kita sudah sediakan program internet masuk desa. Tujuannya untuk memasarkan produk usaha secara online, sehingga dunia tahu produk-produk yang dijual dari warga Rembang,” kata Donny.

Selain meningkatkan penjualan, fasilitas internet masuk desa bisa dimanfaatkan untuk mengenalkan beragam produk unggulan khas Rembang. Dengan cara itu, Donny yakin warga Rembang dapat meningkatkan ekonomi secara mandiri. (HS)